ABSTRAK
Peranan penting tenaga pendidik mengenai hasil belajar peserta didik dan tugas tambahan yang harus diselesaikan secara bersamaan dalam menjalani tugas dan kewajiban sebagai tenaga pendidik selaku warga SMKN 5 Banjarmasin. Dalam penelitian ini peneliti bertujuan menguraikan bagaimana mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan tentang keaktifan dan hasil belajar peserta didik terhadap penerapan media pembelajaran yang menggunakan Moodle sebagai media pembelajaran berbasis E-learning pada mata pelajaran Teknik Pemprograman di kelas X Teknik Elektronika Industri SMK Negeri 5 Banjarmasin. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif yang bisa menjelaskan suatu metode penelitian yang ditujukan untuk menggambarkan fenomena – fenomena yang ada, yang berlangsung pada saat ini atau saat yang lampau dan dengan penggunaan media pembelajaran yang diterapkan selama penelitian maka dalam hal tersebut peneliti mendapatkan hasil keseluruhan yang dapat disimpulkan bahwa peserta didik dapat aktif dan hasil belajarnya pun sangat baik dengan menggunakan media pembelajaran yang menggunakan penerapan E-learning menggunakan Moodle sebagai aplikasi media pembelajaran yang dapat menjadi salah satu terobosan dan solusi yang sangat baik dalam salah satu metode pembelajaran di era digital ini.
Kata kunci: E-learning, Moodle, Media Pembelajaran.
KLIK LINK VIEW