Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMK NEGERI 5 BANJARMASIN

Lingkup Pendidikan

SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Tujuan yang ingin dicapai

Memaksimalkan hasil Praktik Peserta didik dengan LKPD Interaktif dan membuat peserta didik mudah dalam bertanya dan mengungkapkan pendapatnya dengan model pembelajaran PBL.

Penulis

BAHRIAN NOOR,S.Pd

Tanggal

18 Januari 2023

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Dari kondisi dan latar belakang masalah yang membaut praktik ini penting untuk dibagikan ialah menurut saya dari apa yang saya rasakan dalam proses pembelajaran sebelum pandemi dan pandemi kemudian kembali lagi yang dapat di analogikakan dari PTM ke PJJ kemudian PTM lagi dari rentang waktu tersebut dapat membuat pola belajar peserta didik banyak berubah karena keterbiasaan yang mempengaruhinya jadi untuk merubah semuanya menjadi lebih baik lagi ini saatnya untuk memperbaiki cara belajar mengajar yang monoton sehingga berubah menjadi lebih baik lagi yang dapat membawa suasana kelas yang saling berinstraksi secara harmonis sehingga pelajaran yang di sampaikan dapat di serap dengan baik oleh peserta didik, baik dari teori dan praktiknya yang dilakukan secara bersama – sama.

 

Dengan tanggung jawab saya sebagai pengajar saya harus bisa membuat dan mengkolaborasikan model dan metode pembelajaran yang dimana diwaktu PJJ dan PTM menjadi solusi yang tepat untuk membuat dan mengemas materi agar terserap dengan baik oleh peserta didik kita pada saat ini, dimulai dari melakukan perencanaan perangkat RPP, bahan ajar, media pembelajaran LKPD interaktif, evaluasi dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perangkat yang sudah dibuat.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut dari latarbelakang yang saya sampaikan  ialah dimulai dari mempersiapkan perlengkapan perangkat mengajar dari RPP, bahan ajar, media pembelajaran, LKPD interaktif dan  evaluasi pembelajaran kemudian dari kelengkapan bahan dan tool perlengkapan praktik yang sering kali menjadi kendala yang besar yang saya hadapi dalam proses pembelajaran selama ini karena kebanyakan peserta didik belum semua memiliki perlengkapan tool masing masing seperti tang potong tang jepit, solder, timah, atraktor, arpus dan perlengkapan lainnya kemudian keterbatasan waktu pembelajaran yang berada di penghujung akhir semester.

 

Yang terlibat dalam membantu dalam proses mencapai tujuan dari tantangan tersebut ialah  teknisi di jurusan dapat membantu mempersiapkan tool dalam hal praktik yang ingin dilakukan bersama peserta didik dan pengajar.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Dalam hal ini langkah yang saya ambil khususnya dalam menghadapi tantangan dan strategi yang saya ambil ialah dalam proses pembelajaran saya menggunakan model pembelajaran PBL kemudian pendekatanya dengan TPACK selanjutnya metode dengan tutor teman sebaya, diskusi kelompok, tanya jawab dan demontrasi.

 

Untuk prosesnya dan siapa saja yang terlibat

  • dua hari sebelum kegiatan praktik saya sudah berkonsultasi dengan kepala bengkel jurusan dalam hal ketidak tersediannya tool praktik yang dimiliki oleh peserta didik, setelah saya berkonsultasi  dan diberikan arahan saya juga diberikan amanah untuk menghimbau kepada peserta didik diminta untuk dapat memiliki dan melengkapi tool praktiknya secara mandiri.
  • kemudian untuk praktik yang akan dilakukan didepan ini saya diarahkan untuk meminta perlengkapan dan diarahkan ke teknisi jurusan untuk meminta dan mempersiapkan peralatan dan bahan yang ada dibengkel jurusan sehingga pada saat hari pelaksanaan praktik dapat berjalan lancar sesuai dengan rancangan RPP yang saya buat.
  • Untuk proses pembelajarannya pertama saya memberikan motivasi terhadap peserta didik dalam pengerjaan yang tertuang dalam LKPD yang di kemas dalam classroom agar peserta didik tetap semangat dan mempermudah peserta didik dalam mengakses LKPD tersebut sehingga semua kegiatan dapat di rekam dengan baik tidak hanya berupa tulisan atau ketikkan saja akan tetapi bisa berupa foto dan video yang dimana pada saat proses PJJ mereka melakukan kegiatan pembelajaran secara daring namun kegiatannnya PTM.
  • kemudian pembagian kelompok yang membuat mereka saling berinstraksi dan memberikan pendapatnya secara efektik untuk menyelesaikan permasalahan yang diberikan yang dimana selanjutnya mereka mempersiapkan untuk presentasi dari hasil penelusuran untuk pemecahan masalah yang diberikan diawal.

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan

  • Selama proses praktik pengajaran yang saya lakukan selama ini dengan model PBL yang saya lakukan selama perbaikan pembelajaran ini yang berdampak positif dalam artian masalah yang sering saya jumpai dalam proses pembelajaran sebelumnya yang dimana peserta didik tidak berani bertanya secara perbal ataupun menyampaikan pendapatnya dengan proses perbaikan pembelajaran yang saya lakukan peserta didik dapat berintraksi dengan baik dengan model pembelajaran PBL yang dimana dalam proses pembelajaran berlangsung peserta didik di kelompokkan menjadi beberapa kelompok yang dimana dalam proses tersebut peserta didik diminta menyelesaikan permasalah yang diberikan sebelumnya sehingga terjadilah intraksi didalam kelompoknya dari kegiatan penelitian terhadap permasalahan yang harus di selesaikan secara bersama – sama.
  • setelah semua dirangkum dan di tuangkan dalam LKPD interaktif  dalam pemecahan masalah yang diberikan.
  • selanjutnya  peserta didik melakukan presentasi dengan kelompoknya di hadapan semua kelompok lainnya yang sudah dibentuk sehingga dari berbagai kelompok dapat memberikan masukan ataupun bertanya secara langsung dan kelompok yang menyajikan dapat menjawab pertanyaan secara dinamis dengan pengaturan pembawa acara di kelompok yang mempresentasikannya.

 

Untuk faktor keberhasilan dalam proses pembelajaran ini ialah pengajar beserta peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar yang sangat baik dari segi semangatnya kemudian pihak sekolah yang telah memberikan fasilitasi internet yang dapat digunakan peserta didik untuk melakukan penelusuran untuk pemecahan masalah yang diberikan kemudian untuk teknisi bengkel jurusan dalam hal penyedian perlengkapan dimulai dari mempersiapkan LCD, Laptop beserta persiapan tool dan bahan praktik yang digunakan selama kegiatan praktik dalam proses belajar mengajar.

 

Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan ialah dari beberapa teman guru menyampaikan untuk kegiatan dalam proses pembelajaran yang saya lakukan dalam kegiatan ini sangat positif yang membawa angin segar terhadap peserta didik dalam proses belajar mengajar.

 

Pembelajaran dari semua proses ini menurut saya ialah dengan menggunakan model pembelajaran PBL dengan pendekatan TPACK dan metode tutor teman sebaya, diskusi kelompok, tanya jawab dan demontrasi yang dimana membuat peserta didik dapat berintraksi dan dapat memberikan pendapatnya terhadap penyelesaian masalah melalui diskusi kelompok dan presentasi yang dilakukan selanjutnya untuk peningkatan hasil praktik peserta didik dengan menggunakan LKPD interaktif dapat membuat hasil yang sangat bagus dari segi pelaporan dari hasil praktik peserta didik yang tidak hanya berupa ketikkan saja namun bisa berupa foto dan video pada saat pelaksanaan praktik.

 

DOWNLOAD DISINI