RESPONS SISWA TERHADAP PENGGUNAAN GOOGLE MEET MATA PELAJARAN
BAHASA INDONESIA DI KELAS X SMK UNGGULAN HUSADA BANJARMASIN

Rina Rahmawati1, Rusma Noortyani2

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Pascasarjana
Universitas Lambung Mangkurat

rinarahmawati2908@gmail.com1, rusmanoortyani@ulm.ac.id2

Abstrak

Pada masa pandemi covid-19 sejumlah sekolah telah menerapkan kebijakan pembelajaran berbasis
online, salah satunya dengan memanfaatkan google meet, begitu juga di SMK Unggulan Husada
Banjarmasin. Google meet diharapkan dapat dipakai secara optimal agar tujuan pembelajaran tercapai.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan google meet mata
pelajaran Bahasa Indonesia di kelas X SMK Unggulan Husada Banjarmasin. Metode penelitian
deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data berupa angket yang dikirimkan melalui
google form dengan sumber data 23 siswa kelas XA FKK. Teknik analisis data menggunakan aktivitas
data reduction, data display, dan verification. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 17,38% atau 4
orang menyatakan sangat setuju, 70,45% atau 16 orang setuju, dan 12,14% atau 3 orang menyatakan
tidak setuju. Respons yang didapatkan menunjukkan bahwa dominan siswa menyatakan setuju
penggunaan google meet karena kualitas gambar/video yang dihasilkan sangat jelas (tidak
buram/pecah) dan dapat diakses, baik di perangkat seluler maupun di laptop. Untuk itu, guru perlu
lebih memperhatikan tampilan materi yang disajikan kepada siswa baik bentuk, format, maupun
kualitas gambar yang lebih baik agar pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dipahami secara
mendetail.
Kata kunci: respons siswa, google meet, pembelajaran bahasa Indonesia
STUDENTS RESPONSE TO THE USE OF GOOGLE MEET IN INDONESIAN LANGUAGE
LESSON STUDENTS IN CLASS X SMK UNGGULAN HUSADA BANJARMASIN

Rina Rahmawati1, Rusma Noortyani2

Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Pascasarjana
Universitas Lambung Mangkurat

rinarahmawati2908@gmail.com1, rusmanoortyani@ulm.ac.id2

Abstract

During the Covid-19 pandemic a number of schools had implemented an online-based learning policy,
one of which was by utilizing google meet, as well as the Husada Superior Vocational School in
Banjarmasin. Google meet is expected to be used optimally so that learning objectives are achieved.
This study aims to describe students' responses to the use of google meet in Indonesian in class X SMK
Unggulan Husada Banjarmasin. Descriptive research method with a quantitative approach. Collecting
data in the form of a questionnaire sent via google form with the data source of 23 students of class XA
FKK. Data analysis techniques use data reduction, display data, and verification activities. The results
showed that 17.38% or 4 people strongly agreed, 70.45% or 16 people agreed, and 12.14% or 3
people disagreed. The responses obtained indicate that the dominant students agree to use Google
Meet because the quality of the images / videos produced is very clear (not blurry / broken) and can be
accessed, both on mobile devices and on laptops. For this reason, teachers need to pay more attention
to the appearance of the material presented to students in better form, format, and image quality so
that Indonesian language learning can be understood in detail.
Keywords: student response, google meet, Indonesian language learning

DOWNLOAD DISINI