Pada hari Kamis, tanggal 24 Juli 2025, SMKN 5 Banjarmasin melaksanakan Rapat Dinas dalam rangka mengawali Tahun Ajaran Baru 2025/2026. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh pendidik dan tenaga kependidikan, bertempat di Aula SMKN 5 Banjarmasin.

Rapat dinas diawali dengan sambutan dan arahan oleh Bapak Kepala Sekolah, Dr. Drs. H. Syahrir, M.M., yang antara lain menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu guru yang telah menjalankan tugas sesuai tupoksi dengan baik serta mencatatkan berbagai prestasi selama satu tahun terakhir.

Selanjutnya, Kepala Sekolah menyampaikan beberapa hal penting, antara lain urgensinya pelaksanaan tes diagnostik awal pembelajaran, wacana serah terima guru mengajar dengan guru pengganti setelah selesai mengajar, serta imbauan kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan untuk mengakses pembagian tugas, jadwal pelajaran, rencana program kerja, serta persiapan administrasi  melalui Aplikasi AMS.

Selain itu, turut disampaikan informasi sekolah yang berkaitan dengan Permendikdasmen Nomor 7 Tahun 2025, layanan BLUD Sekolah, LKS Nasional, model kepemimpinan sekolah, dan manajemen mutu sekolah.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan program kerja oleh Kepala Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) serta para Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Kesiswaan, Humas dan HKI, Sarana dan Prasarana, serta WMM.

a.Kasubag TU
Menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan absensi guru melalui fingerprint, kenaikan pangkat guru, usulan cuti, dan data nama-nama guru yang akan memasuki masa pensiun di SMKN 5 Banjarmasin.

b. Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas, HKI, dan Kerja Sama Antarlembaga
Menyampaikan laporan jumlah MoU dengan DU/DI, tindak lanjut MoU dengan Mitra Institusi BLPT Yogyakarta, program CSR Traknus Mengajar bagi guru, kegiatan kunjungan industri, tracer study, dan persiapan LKS Nasional.

c. Wakil Manajer Mutu (WMM)
Menyampaikan hasil survei kepuasan pelanggan terkait kegiatan SPMB, MPLS, proyek kolaborasi asesmen sumatif, perbedaan antara KKTP dan KKM, serta kontrak pelajar dan hal-hal lainnya.

d. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan
Memberikan apresiasi kepada panitia MPLS dan SPMB, menyampaikan informasi tentang pencabutan aturan penggunaan handphone, pencatatan pelanggaran siswa, kegiatan Jumat Pagi, bantuan pemerintah bagi siswa tidak mampu, serta penghargaan bagi siswa berprestasi yang ditampilkan dalam bentuk foto di ruang kelas.

e. Waka Kurikulum

Menyampaikan informasi terkait Kurikulum yang diterapkan di sekolah hingga saat ini mengacu pada Kurikulum Merdeka, Jadwal Mata pelajaran, Regulasi baru asesmen, Monitoring pengawasan guru Pembing PKL, Perangkat yang harus disapkan guru pada  awal Tahun ajaran baru dan Tugas Guru 5 M.

f. Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana
Menyampaikan usulan program Adiwiyata tahun 2027.

Rapat dinas kemudian dibuka untuk sesi tanya jawab, saran, dan pendapat dari peserta rapat. Kegiatan ditutup dengan pembacaan doa.

By: Humas SMKN 5 Banjarmasin