TUK MOBELT SMKN5 Banjarmasin

Profil TUK MOBELT SMKN5 Banjarmasin

VISI

Menjadi lembaga TUK Mandiri yang memiliki pengakuan secara nasional dan internasional dalam mengembangkan kompetensi SDM Indonesia dengan memberikan kualitas terbaik dalam pengelolaan dan pelayanan uji kompetensi dibidang industri pemesinan dan pengelasan.

MISI

 

  1. TUK MOBELT SMKN 5 Banjarmasin menetapkan kebijakan, dan menerapkan pedoman BNSP 201/ISO 17024 dan Pedoman BNSP 202 serta Pedoman BNSP 207 secara menyeluruh tanpa pengecualian;
  2. TUK MOBELT SMKN 5 Banjarmasin memberikan pelayanan uji kompetensi yang mengutamakan mutu dan kepuasan pelanggan serta menjamin bahwa pekerjaan pengujian dilaksanakan dengan kejujuran teknik, teliti, cepat, tepat dan akurat serta efisien dalam menggunakan sumber daya.
  3. Mengembangkan Materi Uji Standar Kompetensi Bidang Logam dan Mesin Indonesia. Mendorong tersedianya tenaga kerja yang kompeten dan tersertifikasi untuk sektor industri manufaktur otomotif

 

 

Kompetensi Kerja

adalah spesifikasi dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan atau keahlian serta penerapannya secara efektif dalam pekerjaan sesuai dengan standar kerja yang dipersyaratkan.

 

Sertifikasi Kompetensi

adalah proses pemberian sertifikat kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui Uji Kompetensi yang mengacu pada Standar Kompetensi Kerja baik yang bersifat Nasional, Khusus maupun Internasional.

 

Dengan memiliki Sertifikat Kompetensi maka seseorang akan mendapatkan bukti pengakuan tertulis atas kompetensi kerja yang dikuasainya.

 

 

 

Daftar personil TUK MOBELT SMKN5 Banjarmasin

  1. TUK Logam dan Mesin Indonesia (TUK LSP LMI)
No Jabatan Nama
1 Penanggung jawab Drs. Syahrir, MM
2 Koordinator Kasianto,ST,MM
3 Ketua H. Bejo Santoso,ST, M.Pd
4 Sekretaris Drs. Nelson Sitinjak, M.Pd
5 Bendahara Drs. Sutarto
6 Teknis Abdul Wahab,ST
7 Administrasi Dewi Rahmawaty

 

  1. TUK MOBELT SMKN5 Banjarmasin

 

Tempat Uji Kompetensi (TUK) MOBELT SMKN5 Banjarmasin telah mendapatkan lisensi dari LSP-LMI dan dari LSP TO-Indonesia BNSP untuk melakukan dan penyelenggaraan uji kompetensi sesuai standar SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) yang dikelompokkan ke dalam 2 (dua) skema dan 2 (dua) sub sektor, yaitu :

 

Lingkup Skema sertifikasi Lisensi LSP Logam Mesin Indonesia (LSP LMI)

 

Bidang keahlian Skema Sertifikasi Level
Pengelasan Skema sertifikasi Pengelasan Dasar (Welding) A
Pemesinan:

Operasi Mesin dan Proses
(Machine and Process Operation)

Skema Sertifikasi Operator Pemesinan A

 

Lingkup Sub Sektor sertifikasi Lisensi LSP TO-Indonesia (LSP TOI)

 

Sektor Sub Sektor Level
Sepeda Motor Lisensi Level Junior Sepeda Motor Level Junior
Kenderaan Ringan Lisensi Level Junior Kenderaan Ringan Level Junior

 

Kewenangan TUK Logam dan Mesin MOBELT SMKN5 Banjarmasin:

Menyelenggarakan dan melaksanakan penilaian/uji kompetensi secara independen kepada individu/personal terhadap standar kompetensi kerja nasional bidang Logam dan Mesin serta membuat rekomendasi keputusan hasil penilaian/uji untuk skema sertifikasi