Sejarah SMK NEGERI 5 Banjarmasin

SMK Negeri 5 Banjarmasin awalnya berdiri pada tahun 1969 dan SMK Negeri 5 Banjarmasin adalah sekolah swasta yang dijalankan oleh yayasan sehingga pada awal berdiri hingga memperoleh SK perubahan status negeri bernama STM Hastemsin. Berdasarkan Surat Keputusan Mendiknas No. 298 Tahun 1978 bertanggal 15 September 1979 STM Hastemsin berganti status dan nama sekolah menjadi STM Negeri Banjarmasin. Sejak perubahan status tersebut SMK Negeri 5 Banjarmasin yang pada saat itu masih bernama STM Negeri Banjarmasin, mendapatkan bantuan di bawah kerjasama pemerintah Republik Indonesia dengan Asian Development Bank (ADB) yang meliputi peralatan-peralatan praktek dan juga tenaga-tenaga pendidik/guru professional dan pada tahun 1982/1983 mulai pembangunan dengan dana proyek pengembangan dari bank pembangunan Asian Development Bank (ADB). Tahun 1985/1986 pembangunan selesai dan diberi nama STM dengan Jurusan Otomotif Program Studi Mekanik Otomotif, kemudian pada tahun 1988 dibuka jurusan baru yaitu Jurusan Elektronika sehingga menjadi sekolah yang terlengkap dan terbesar di Kalimantan Selatan.

Pada tahun 1991 s/d 1994 dipercaya melaksanakan Program Pengembangan Sekolah Seutuhnya (PSS) dibawah binaan Pusat Pengembangan Penataran Guru Teknologi (PPPG Teknologi) Bandung, kemudian pada tahun pelajaran 1994/1995 mulai melaksanakan Pendidikan Sistem Ganda (PSG) di 54 Dunia Usaha/Dunia Industri baik di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah maupun di IPTN Bandung. Inilah yang memberikan keyakinan untuk mampu bersaing pada pasar bebas tahun 2003 dan pada tahun 2006/2007 sekolah menggunakan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 demi mewujudkan tujuan institusi untuk menuju kemandirian sekolah melalui proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi dengan memanfaatkan sumber daya yang ada secara maksimal dalam meningkatkan kemampuan keterampilan siswa dalam memenuhi tenaga kerja pada dunia usaha/industri dan menguasai iptek.

Setelah melalui perjuangan sebagai sekolah yang memenuhi Standar Nasional, tahun 2009 s/d 2013 SMK Negeri 5 Banjarmasin kembali memperoleh kepercayaan pemerintah menjadi salah satu dari 90 SMK se-Indonesia dan memperoleh bantuan-bantuan baik untuk perbaikan dan pembangunan fisik gedung, pengadaan peralatan dan juga pengembangan-pengembangan kemampuan pendidik dan kesiswaan.

Hasil dari berbagai pengembangan dan pembangunan yang dilaksanakan SMK Negeri 5 Banjarmasin secara berkelanjutan dari tahun ke tahun hingga tahun kelulusan saat ini, SMK Negeri 5 Banjarmasin telah melahirkan alumni-alumni yang sukses baik mereka yang bekerja di kantor-kantor pemerintah, bekerja di industri-industri swasta nasional dan internasional maupun mereka yang sukses berwirausaha mengembangkan usahanya sendiri.

Selama kurun waktu tersebut yang menjabat menjadi Kepala Sekolah di SMK Negeri 5 Banjarmasin adalah sebagai berikut :

No. Nama Kepala Sekolah Keterangan
1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

H. Indar A.

Drs. Jarpun Liwi

H. Anang Kaslan

Sumijan, Bsc

Drs. Agus Umar

Drs. Yunisman, MM

Drs. Syahrir, MM

Drs. Gatot Subiyanto

Drs. H.  Asmuri Ardi, M.Pd

Drs. Syahrir, MM

Kepala Sekolah Pertama.

Kepala Sekolah Kedua.

Kepala Sekolah Ketiga.

Kepala Sekolah Keempat.

Kepala Sekolah Kelima.

Kepala Sekolah Keenam.

Kepala Sekolah Ketujuh.

Kepala Sekolah Kedelapan.

Kepala Sekolah Kesembilan.

Kepala Sekolah Kesepuluh.

Guna kelancaran operasional pendidikan di SMK Negeri 5, Kepala Sekolah dibantu oleh Majelis Guru, Tata Usaha dan Komite Sekolah yang sangat berperan aktif diantarannya