Kebersihan dan kesehatan merupakan salah satu faktor utama untuk menunjang kehidupan di sekolah atau lingkungan sekitar. Di lingkungan sekolah kita harus memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat karena dengan lingkungan yang bersih, suasana menjadi lebih nyaman dan indah.

Pada hari Jumat tanggal 26 Mei 2023, SMKN 5 Banjarmasin mengadakan kegiatan Jumat Bersih untuk membangun Perilaku Ramah Lingkungan Hidup (PRLH). Kegiatan Jumat Bersih dilaksanakan secara rutin oleh sekolah. Adapun kegiatan tersebut mencakup sebagai berikut:

  1. Kebersihan seluruh lingkungan sekolah
  2. Kampanye kebersihan Lingkungan, penghematan air dan energi
  3. Bersama warga masyarakat membersihan lingkungan warga sekolah (Gang ST RT.01 Kelurahan Pelambuan.
  4. Memberi bantuan bak sampah berdasarkan warna kepada masyarakat sekitarnya. Tujuannya untuk memilah sampah organik dan non organik.
  5. Pemeliharaan dan mengganti tanaman yang sudah mati,

 

Kampanye Kebersihan Lingkungan, Hemat air dan Energi

Membersihkan di halaman sekolah

Membersihkan diruang Kelas

Membersihkan di depan Kelas

Pemeliharaan dan Penanaman Tanaman

Kegiatan Jum’at bersih dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah mulai dari karyawan, siswa, guru, dan Kepala Sekolah. Kegiatan Jumat bersih untuk lingkungan sekolah mencakup membersihkan halaman sekolah, perpustakaan, mushollah, ruang kelas, taman, ruang guru, ruang praktik, dan sekitar sekolah. Sedangkan untuk diluar lingkungan sekolah yaitu bersama masyarakat membersihkan jalan di Gang ST. Budaya Jumat Bersih ini dapat menjadi kebiasaan yang baik dan menyehatkan dengan berbagai manfaat diantaranya menumbuhkan cinta dan peduli terhadap lingkungan sekolah.

Tujuan utama dari kegiatan Jumat bersih ini adalah menumbuhkan rasa memiliki di kalangan siswa akan pentingnya kebersihan lingkungan demi kesehatan, sehingga suasana belajar akan terasa nyaman, sekolah pun juga dapat terpelihara dengan baik. Perilaku hidup bersih sangat menentukan pola hidup sehat di lingkungan tempat belajar yang dapat meningkatkan konsentrasi belajar yang lebih tinggi dan mendukung sikap belajar yang antusias, sehingga mempengaruhi produktifitas siswa dan guru dalam kegiatan belajar mengajar.

By- Humas SMKN 5 Bjmsn