Pada hari Rabu tanggal 03 Januari 2024 telah dilaksanakan Rapat Dinas Awal semester genap Tahun Pelajaran 2023/2024 di SMK Negeri 5 Banjarmasin. Susunan acara pada rapat tersebut diawali dengan pembukaan oleh moderator, dilanjutkan dengan penyampaian urusan kedinasan oleh Bapak Kepala Sekolah DR.Drs. H.Syahrir,MM .

 Adapun yang disampaikan oleh bapak kepala sekolah adalah berkaitan dengan :

  1. Apresiasi kepada segenap Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang telah mengukir prestasi dan mengabdi menjalankan tugas dan tanggung jawab untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara. Semoga bernilai ibadah.
  2. Refleksi kinerja selama satu semester dalam rangka untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah dimasa mendatang.
  3. Tantangan sekolah yang harus dijawab terkait hasil rapor pendidikan nasional bagaimana meningkatkan literasi dan numerasi siswa. Daya baca dan berhitung siswa masih rendah. Hal ini menjadi perhatian guru untuk membantu dan mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Literasi dan numerasi yang baik akan membantu siswa meningkatkan kemampuan akademik.
  4. Perubahan dasar dalam perhitungan Konversi Angka kredit konvensional ke Integrasi.
  5. Guru diharapkan mampu menunjukkan kinerja yang memuaskan dan memberikan kontribusi yang maksimal terhadap pencapaian tujuan sekolah tersebut sesuai dengan ekpektasi kepala sekolah.
  6. Hasil Penilaian kinerja guru yang dibawah ekpektasi kepala sekolah akan berdampak pada lambatnya karir guru.
  7. Beberapa contoh yang mempengaruhi penilaian kinerja guru dibawah ekpektasi kepala sekolah diantaranya:Tidak hadir Upacar bendera, Tidak Rapat Dinas dan Tidak patuh dalam memakai baju dinas sesuai ketentuan dll
  8. Dalam Pengisian SKP akan ada dialog antara guru dengan kepala sekolah.
  9. Pada Semester Genap awal Tahun 2024 akan dilanjutkan program pengembangan bahasa inggris disekolah. Menjadikan sekolah sbg kampung Inggris bertaraf Internasional.
  10. Tahun 2024 banyak program MOU Luar negeri yang harus dieksekusi/ dijalankan. Ada 4 College yang sudah bekerjasama dengan SMKN 5 Banjarmasin. Direncanakan ada 2 tambahan MOU Luar negeri.
  11. Informasi Pembagian SK. Ada beberapa Perubahan personalia SK dan bisa diakses di AMS.
  12. Mendorong Guru bisa mengikuti program guru penggerak.

 

Penyampaian Program / Informasi dari Waka Kurikulum

  1. Mendorong semua guru untuk selalu mengakses PMM untuk mengembangkan kompetensi.
  2. Keuntungan Pengelolaan Kinerja melalui PMM memberi peluang guru dalam percepatan karir/ pangkat dan gaji.
  3. Pelaksanaan UKK pada kurikulum Merdeka adalah fleksibel bisa diselenggarakan sebelum, setelah atau saat PKL.
  4. Perencanaan Pengembangan Kompetensi dianjurkan memiliki rentang poin minimum antara 32 (tiga puluh dua) dan 128 (seratus dua puluh delapan dalam satu semester)
  5. Laporan Walikelas, update jumlah siswa dan laporan perkembangan peserta didik.
  6. Konversi PAK manual ke integrasi.
  7. Pada semester Genap, Siswa kelas XII belajar seperti biasa terkecuali jurusan TKI yang sedang melaksanakan PKL di DU/DI.

 

Penyampaian Program/ Informasi dari Waka Humas dan HKI

  1. Menitik beratkan dalam mengembangkan kemitraan dengan IDUKA melalui penandatangan naskah MOU.
  2. Target adalah 150 IDUKA berMOU dengan sekolah.
  3. Program Uji Kompetensi Keahlian pada bulan Februari sampai Mei 2024
  4. Program Mengikuti Lomba Kompetensi Siswa pada bulan Maret s/d Mei 2024 ( Seleksi Tingkat Propinsi)
  5. Merapikan dokumen Administrasi / Data ( Data DU/DI, Status Kebekerjaan Lulusan dll)

 

Penyampaian Program/ Informasi  dari Waka Kesiswaan

  1. Penegakan Tata Tertib siswa bisa melalui razia dan rutin.
  2. Informasi Perubahan personalia di SK.
  3. Informasi ada kekurangan pencairan dari dana BOSDA yang akan berdampak pada terganggunya kegiatan ektrakulikuler siswa.

 

Penyampaian Program / Informasi dari Waka sarana prasarana

  1. Sudah dimulai dikerjakan perbaikan AC dibeberapa ruangan terutama di ruang guru umum.
  2. Air PDAM sudah mengalir lebih baik dari pada sebelumnya. Sebelumnya ada beberapa gangguan tidak mengalirnya air di WC Depan dan WC jurusan.
  3. Himbauan guru ikut peduli dalam mengingatkan kesiswa. Hal tsb ikut mendukung LH dalam penataan dan pengelolaan lingkungan sekolah yang bersih, asri dan sehat.

 

 Penyampaian Program / Informasi dari Wakil Manajemen Mutu

  1. Menegaskan bahwa Tugas WMM adalah mengecek dan memastikan aktivitas yang dijalankan oleh setiap guru/warga sekolah, apakah sudah sesuai standar mutu atau belum.
  2. Mengukur kualitas pelayanan sekolah dengan menyebarkan angket survey ke pelanggan ( siswa dan ortu).
  3. Informasi Audit Internal akan dilaksanakan pada bulan Mei.

Demikian rangakaian kegiatan yang dilaksanakan pada rapat awal semester genap tahun pelajaran 2023/2024. By- Wakahumas SMKN5 BJM